Jumat, 19 November 2021
Nama Anggota Kelompok 6:
Alpina 2086206083
Julian Darus 2086206117
Mesra Yasin 2086206114
Hubungan Antara Model, Pendekatan, Strategi,
Metode, dan Teknik Pembelajaran
Perbedaan Model, Pendekatan, Strategi, Metode, dan Teknik Pembelajaran. Menyusun pembelajaran yang dimana melibatkan dengan sejumlah hasil intruksional. Serta Guru harus mengenali isi dan proses yang dimana harus dilaksanakan, ketahanan, keinginan, dan minat siswa sehingga bisa memfokus pada pembelajaran yang paling efektif. Pada pembelajaran ada sebagian istilah yang dianggap memiliki arti sama yaitu strategi, pendekatan, model, metode, dan teknik pemebelajaran. Meskipun dianggap mempunyai kesamaan arti, namun kenyataannya istilah-istilah tersebut tidaklah sama. Perbedaannya adalah sebagai berikut.
1. Pendekatan Pembelajaran
Pendekatan yang dimana sebagai cara umum dalam memandang permasalahan atau obyek kajian. Pendekatan pembelajaran juga merupakan titik tolak atau cara pandang guru terhadap proses pembelajaran yang berlangsung dan bersifat umum. Pendekatan pembelajaran dapat menguatkan dan melatari metode pembalajaran.
2. Strategi Pembelajaran
Strategi Pembelajaran adalah pola umum perbuatan guru dan siswa di dalam mewujudkan kegiatan belajar-mengajar sehingga strategi menunjuk kepada karateristik abstrak rentetan perbuatan guru-siswa dalam peristiwa belajar-mengajar. Pada dasarnya strategi masih bersifat konseptual mengenai keputusan-keputusan yang akan diambil dalam suatu pelaksaan pembelajaran.
3. Metode Pembelajaran
Metode Pembelajaran adalah cara yang harus dilalui di dalam mengajar. Metode juga dapat diartikan cara yang digunakan dalam rangka mengimplemtasikan rencana kegiatan pembelajaran yang telah disusun untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.
4. Teknik Pembelajaran
Teknik adalah cara yang dilakukan seseorang guru dalam menerapkan suatu metode pembelajaran secara spesifik. Guru dapat menggunakan variasi teknik pembelajaran dalam satu metode pembelajaran, tergantung kondisi siswa di kelas.
5. Model Pembelajaran
Model Pembelajaran adalah bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal sampai akhir yang disajikan secara khas oleh guru di kelas. Di dalam model pembelajaran ditemukan strategi pencapaian kemampuan siswa dengan pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran.
Di luar istilah-istilah tersebut, dalam proses pembelajaran yang dimana dikenal juga dengan istilah desain pembelajaran. Jika strategi pembelajaran kian berkenaan dengan pola umum dan prosedur umum keaktifan pembelajaran. Sedangkan desain pembelajaran lebih memilih terhadap cara-cara yang menyusun suatu sistem area belajar terpilih setelah membahas perihal yang bermacam-macam serta kemungkinan tipe atau jenis rumah yang hendak dibangun, yang dimana masing-masing akan menampilkan kesan dan pesan yang berbeda dan unik.
Menurut ulasan diatas, maka untuk bisa melakukan tugasnya secara kompeten, seorang guru dituntut bisa memaklumi dan memegang keahlian yang memadai dalam memajukan beragam model pembelajaran yang efektif, kreatif dan memuaskan begitu juga diisyaratkan dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan.
Akan tetapi, jika para guru atau calon guru telah dapat memahami konsep atau teori dasar pembelajaran yang merujuk pada proses (beserta konsep dan teori) pembelajaran sebagaimana dikemukakan di atas, maka pada dasarnya guru pun dapat secara kreatif mencobakan dan mengembangkan model pembelajaran tersendiri yang khas, sesuai dengan kondisi nyata di tempat kerja masing-masing, sehingga pada gilirannya akan muncul model-model pembelajaran versi guru yang bersangkutan, yang tentunya semakin memperkaya khazanah model pembelajaran yang telah ada.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Julian Darus
Julian Darus yang biasa dikenal dengan Lian Swag yang merupakan anak dari kampung Dilang Puti kecamatan Bentian Besar kabupaten Kutai Barat....
Tidak ada komentar:
Posting Komentar