Nama Anggota Kelompok 6:
Ø ❖ Alpina 2086206083
Ø ❖ Julian Darus 2086206117
Ø ❖ Mesra Yasin 2086206114
Hubungan Antara Model,
Pendekatan, Strategi,
Metode, dan Teknik Pembelajaran
Perbedaan Model, Pendekatan, Strategi, Metode, dan
Teknik Pembelajaran. Menyusun pembelajaran
yang dimana melibatkan dengan sejumlah hasil intruksional. Serta Guru harus
mengenali isi dan proses yang dimana harus dilaksanakan, ketahanan, keinginan,
dan minat siswa sehingga bisa memfokus pada pembelajaran yang paling efektif. Pada
pembelajaran ada sebagian istilah yang dianggap memiliki arti sama yaitu
strategi, pendekatan, model, metode, dan teknik pemebelajaran. Meskipun
dianggap mempunyai kesamaan arti, namun kenyataannya istilah-istilah tersebut
tidaklah sama. Perbedaannya adalah sebagai berikut.
1. Pendekatan Pembelajaran
Pendekatan yang dimana sebagai
cara umum dalam memandang permasalahan atau obyek kajian. Pendekatan
pembelajaran juga merupakan titik tolak atau cara pandang guru terhadap proses
pembelajaran yang berlangsung dan bersifat umum. Pendekatan pembelajaran
dapat menguatkan dan melatari metode pembalajaran.
2. Strategi Pembelajaran
Strategi
Pembelajaran adalah pola umum perbuatan guru dan siswa di dalam mewujudkan
kegiatan belajar-mengajar sehingga strategi menunjuk kepada karateristik
abstrak rentetan perbuatan guru-siswa dalam peristiwa belajar-mengajar. Pada
dasarnya strategi masih bersifat konseptual mengenai keputusan-keputusan yang
akan diambil dalam suatu pelaksaan pembelajaran.
3. Metode Pembelajaran
Metode
Pembelajaran adalah cara yang harus dilalui di dalam mengajar. Metode juga
dapat diartikan cara yang digunakan dalam rangka mengimplemtasikan rencana
kegiatan pembelajaran yang telah disusun untuk mencapai tujuan pembelajaran
yang diharapkan.
4. Teknik Pembelajaran
Teknik
adalah cara yang dilakukan seseorang guru dalam menerapkan suatu metode
pembelajaran secara spesifik. Guru dapat menggunakan variasi teknik
pembelajaran dalam satu metode pembelajaran, tergantung kondisi siswa di kelas.
5. Model Pembelajaran
Model
Pembelajaran adalah bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal sampai akhir
yang disajikan secara khas oleh guru di kelas. Di dalam model pembelajaran
ditemukan strategi pencapaian kemampuan siswa dengan pendekatan, metode, dan
teknik pembelajaran.
Di luar
istilah-istilah tersebut, dalam proses pembelajaran yang dimana dikenal juga
dengan istilah desain pembelajaran. Jika strategi pembelajaran kian berkenaan
dengan pola umum dan prosedur umum
keaktifan pembelajaran. Sedangkan desain pembelajaran lebih memilih terhadap
cara-cara yang menyusun suatu sistem area belajar terpilih setelah membahas
perihal yang bermacam-macam serta kemungkinan tipe atau jenis rumah yang hendak
dibangun, yang dimana masing-masing akan menampilkan kesan dan pesan yang
berbeda dan unik.
Menurut ulasan
diatas, maka untuk bisa melakukan tugasnya secara kompeten, seorang guru
dituntut bisa memaklumi dan memegang keahlian yang memadai dalam memajukan
beragam model pembelajaran yang efektif, kreatif dan memuaskan begitu juga
diisyaratkan dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan.
Akan tetapi,
jika para guru atau calon guru telah dapat memahami konsep atau teori dasar
pembelajaran yang merujuk pada proses (beserta konsep dan teori) pembelajaran
sebagaimana dikemukakan di atas, maka pada dasarnya guru pun dapat secara
kreatif mencobakan dan mengembangkan model pembelajaran tersendiri
yang khas, sesuai dengan kondisi nyata di tempat kerja masing-masing, sehingga
pada gilirannya akan muncul model-model pembelajaran versi guru yang
bersangkutan, yang tentunya semakin memperkaya khazanah model pembelajaran yang
telah ada.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar